Tuesday, July 8, 2014


Peran yang dapat dilakukan oleh para manager konstruksi dalam pencapaian tujuan proyek adalah dengan melakukan apa yang menjadi tahapan tahapan proses project managemen yaitu antara lain :

Pengendalian Waktu
  • Merencanakan program program pelaksanaan proyek
  • Melakukan monitoring dan pengawasan pada program program pelaksanaan proyek  sesuai dengan perencanaan proyek
  • Melakukan pengawasan terhadap prestasi / kemajuan fisik pelaksanaan proyek
  • Melaksanakan sesuai dengan kontrak
  • Secara pro aktif  mengantisipasi permasalahan yang mungkin terjadai dalam pelaksanaan proyek.  
 Pengendalian Biaya
  • Mengestimasi pembiayaan proyek
  • Menganalisis nilai reduksi biaya
  • Melakukan kontrol dari biaya proyek
  • Membuat pelaporan dan menguraikan sistim informasi managemen
  • Meminimalkan claim yang mungkin terjadi
Pengendalian Mutu
  • Melakukan review terhadap perencanaan dan kemampuan konstruksi untuk meminimalkan atau menghindari claim
  • Melakukan perubahan perubahan pada pekerjaan yang dimungkinkan terjadi untuk mendapatkan efesiensi pelaksanaan proyek
  • Melakukan monitoring terhadap keselamatan dan keamanan kontraktor
  • Menjalin hubungan yang baik kepada masyarakat yang terkait
Melaksanakan fungsi control
  • Melakukan review dan mensukseskan tujuan owner
  • Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan Rencana kerja dan syarat syarat
  • Melakukan review pada perencanaan terhadap  fungsi dari spesifikasi teknis
  • Melakukan review pada perencanaan terhadap fungsi spesifikasi teknis yang tidak rasional
Mengedalikan terhardap kemungkinan yang akan terjadi
  • Mempertimbangkan biaya biaya yang dikeluarkan pada tiap tahapan operasional proyek
  • Mengestimasi total biaya proyek termasuk biaya yang mungkin berkembang
  • Melakukan penafsiran terhadap resiko yang mungkin terjadi
  • Mengestimasisegala kemungkinan yang akan terjadi dalam pelaksanaan proyek
  • Mereview segala kemungkinan yang terjadi selama pelaksanaan proyek
  • Mensukseskan pencapaian tujuan dari owner
Fungsi / tugas manajer konstruksi dan kemampuan yang harus dimiliki ?
Pada dasarnya fungsi pokok dan tugas manajer konstruksi atau manajer proyek adalah sebagai berikut :
  • Melaksanakan dan bertanggung jawab atas perencanaan pelaksanaan Proyek
  • Menetapkan, merundingkan dan menjamin atas segala sesuatu yang dimobilisasi untuk pelaksanaan proyek
  • Mengatur dan mengkoordinasikan seluruh elemen yang terlibat dalam proyek
  • Memonitor segala kegiatan dan meaporkan progres dan permasalahan yang ada dalam proyek
  • Memberikan antisipasi atas permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan proyek.

Sedangkan kemampuan yang harus dimiliki oleh manajer konstruksi/proyek adalah sebagai berikut :
Kemampuan berkomunikasi
  • Bisa mendengarkan pada lingkungannya
  • Mampu meyakinkan
Kemampuan  berorganisasi yang meliputi pada
  • Perencanaan
  • Tata cara pencapaian tujuan
  • Menganalisis segala permasalahan
Kemampuan bekerja sama  dalam tim
  • Mempunyai motivasi yang tinggi
  • Mempunyai semangat dan rasa persatuan dalam tim
Kemampuan dalam kepemimpinan
  • Menjadi contoh yang baik
  • Mempunyai semangat yang tinggi dan Enerjik
  • Mempunyai visi dan misi
  • Dapat memberikan wewenang secara  proporsional
  • Mempunyai pemikiran yang positif
Kemampuan sebagai Pimpinan
  • Mempunyai sifat yang lues
  • Kreatifitas  tinggi
  • sabar
  • Tekun
Kemampuan pada Teknologi
  • Berpengalaman
  • Mempunyai pengetahuan pada proyek (ilmu yang sesuai)

0 comments:

Post a Comment

lazada

Lazada Indonesia