Peran yang dapat dilakukan oleh para manager konstruksi dalam pencapaian tujuan proyek adalah dengan melakukan apa yang menjadi tahapan tahapan proses project managemen yaitu antara lain :
Pengendalian Waktu
- Merencanakan program program pelaksanaan proyek
- Melakukan monitoring dan pengawasan pada program program pelaksanaan proyek sesuai dengan perencanaan proyek
- Melakukan pengawasan terhadap prestasi / kemajuan fisik pelaksanaan proyek
- Melaksanakan sesuai dengan kontrak
- Secara pro aktif mengantisipasi permasalahan yang mungkin terjadai dalam pelaksanaan proyek.
Pengendalian Biaya
- Mengestimasi pembiayaan proyek
- Menganalisis nilai reduksi biaya
- Melakukan kontrol dari biaya proyek
- Membuat pelaporan dan menguraikan sistim informasi managemen
- Meminimalkan claim yang mungkin terjadi
Pengendalian Mutu
- Melakukan review terhadap perencanaan dan kemampuan konstruksi untuk meminimalkan atau menghindari claim
- Melakukan perubahan perubahan pada pekerjaan yang dimungkinkan terjadi untuk mendapatkan efesiensi pelaksanaan proyek
- Melakukan monitoring terhadap keselamatan dan keamanan kontraktor
- Menjalin hubungan yang baik kepada masyarakat yang terkait
Melaksanakan fungsi control
- Melakukan review dan mensukseskan tujuan owner
- Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan Rencana kerja dan syarat syarat
- Melakukan review pada perencanaan terhadap fungsi dari spesifikasi teknis
- Melakukan review pada perencanaan terhadap fungsi spesifikasi teknis yang tidak rasional
Mengedalikan terhardap kemungkinan yang akan terjadi
- Mempertimbangkan biaya biaya yang dikeluarkan pada tiap tahapan operasional proyek
- Mengestimasi total biaya proyek termasuk biaya yang mungkin berkembang
- Melakukan penafsiran terhadap resiko yang mungkin terjadi
- Mengestimasisegala kemungkinan yang akan terjadi dalam pelaksanaan proyek
- Mereview segala kemungkinan yang terjadi selama pelaksanaan proyek
- Mensukseskan pencapaian tujuan dari owner
Fungsi / tugas manajer konstruksi dan kemampuan yang harus dimiliki ?
Pada dasarnya fungsi pokok dan tugas manajer konstruksi atau manajer proyek adalah sebagai berikut :
Pada dasarnya fungsi pokok dan tugas manajer konstruksi atau manajer proyek adalah sebagai berikut :
- Melaksanakan dan bertanggung jawab atas perencanaan pelaksanaan Proyek
- Menetapkan, merundingkan dan menjamin atas segala sesuatu yang dimobilisasi untuk pelaksanaan proyek
- Mengatur dan mengkoordinasikan seluruh elemen yang terlibat dalam proyek
- Memonitor segala kegiatan dan meaporkan progres dan permasalahan yang ada dalam proyek
- Memberikan antisipasi atas permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan proyek.
Sedangkan kemampuan yang harus dimiliki oleh manajer konstruksi/proyek adalah sebagai berikut :
Kemampuan berkomunikasi
- Bisa mendengarkan pada lingkungannya
- Mampu meyakinkan
Kemampuan berorganisasi yang meliputi pada
- Perencanaan
- Tata cara pencapaian tujuan
- Menganalisis segala permasalahan
Kemampuan bekerja sama dalam tim
- Mempunyai motivasi yang tinggi
- Mempunyai semangat dan rasa persatuan dalam tim
Kemampuan dalam kepemimpinan
- Menjadi contoh yang baik
- Mempunyai semangat yang tinggi dan Enerjik
- Mempunyai visi dan misi
- Dapat memberikan wewenang secara proporsional
- Mempunyai pemikiran yang positif
Kemampuan sebagai Pimpinan
- Mempunyai sifat yang lues
- Kreatifitas tinggi
- sabar
- Tekun
Kemampuan pada Teknologi
- Berpengalaman
- Mempunyai pengetahuan pada proyek (ilmu yang sesuai)
0 comments:
Post a Comment